Pages

Sunday 15 December 2013

Perdana: UAS di tingkat Universitas

Hari ini hari Minggu. Minggu malem tepatnya, dan kurang dari 10 jam lagi gue akan melaksanakan UAS perdana dengan persiapan sejauh ini: 0%.

Nggak ngerti sih dari dulu gue ngga bisa belajar dari jauh-jauh hari, jauh-jauh jam malah. Kalau belum malem menuju ujian, gue ngga bisa buka buku. Perjuangan menuju buka buku bisa 3-4 jam, ya mandi dulu, beresin kamar dulu, jajan dulu, main hape dulu. Kalau udah pegang bukupun materi ngga akan bisa masuk.

Kayaknya ada yang salah sama sistem belajar gue. 

Gue pernah punya asumsi kalau ketika lo masuk Universitas, lo akan menemukan diri lo yang sebenarnya. Makanya banyak banget yang di SMP atau SMA suka nyampah kehidupannya, sampai bahkan temen seangkatannya mungkin ngga kenal sama dia tapi tiba-tiba ketika udah kuliah dia jadi orang. Sukses, tiba-tiba udah aktif disana-sini, IPK setinggi langit, wah gitu deh. Senior gue yang berkuliah di jurusan yang sama aja dan gue baru tau dia senior gue pas gue masuk kuliah saking dulu doi entah cuma ke sekolah buat belajar aja, kemarin baru kepilih jadi nominator Aktivis Sosial Terfavorit tingkat FISIP. Doi juga menjabat jadi Wakadep BEM Departemen Sosmas. Widih, kalo tau prestigenya BEM FISIP tuh gimana.. Salut banget sama orang-orang yang menemukan diri mereka dan memaksimalkan potensi diri. Gue pernah songong karena gue mikir kalau jurusan yg gue jalanin sekarang adalah jurusan yg direkomendasikan semua orang kepada gue karena katanya gue tepat berada disini kalo diliat dari potensi which is gue banyak ngomong, ngga mikir dua kali buat kenal sama orang baru, dan banci kepanitiaan di bidang Humas. Gue juga emang cinta setengah mati sama bidang Humas, Relationshiop, Human-being. Pesan, cara penyampaiannya, branding. Dan segala-galanya. Gue dengan sangat tidak terhormatnya mikir dengan songong, "Kalo ngikutin minat dan bakat, bisa-bisa effortlessly bakal 4.00 nih IPK gue."

Dasar manusia dan pemikiran dangkalnya.

Gue udah sempet menggambarkan hidup gue lagi terseok-seok terutama di bidang Akademik. Ketemu matkul tingkat Fakultas tuh rasanya mau bunuh diri. Gue nggak pernah interest atau bahkan sekedar ngerti tentang Politik. Asing sama Antropologi yang juga susah dipelajari. Eh kalo dipikir-pikir ngga susah sih.. Cuma gue ngerasa masih perlu berjuang untuk menguasai matkul-matkul gue dimana lagi-lagi Ryani selalu salah, gak bisa namanya masuk jurusan impian dan tiba-tiba langsung IPK 4.00! Gue ngetik gini aja rasanya kenapa naive banget..

Jadi gue sampai pada pemahaman bahwa tau minat dan bakat lo aja nggak cukup tapi lo harus tau cara memaksimalkannya. Rasanya langsung tercerahkan buat belajar UAS nih!

BRB.

2 comments:

  1. Hai Ryani, seneng banget akhirnya update blog juga, aku fans berat lho, semangat ya Yan! Tetep jadi Ryani yang hyperactive

    ReplyDelete
  2. Bel<3 Bikin sayang deh, aku udah pindah ngeblognya nih ke Wordpress walaupun cm baru 1 post. Comment kamu jadi bikin aku pengen sering ngeBlog <3 Sayang banget sama Bella.

    ReplyDelete